Korupsi Edan Jendral China,Kumpulkan Uang sampai Seisi Rumah



Presiden China Xi Jinping mulai sejak beberapa thn. lalu mengadakan operasi pemberantasan korupsi besar-besaran. Terkecuali petinggi sipil, pejabat militer turut disikat. Akhirnya, korupsi di badan birokrasi Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) rupanya sangatlah mengerikan.

CNN Money, Selasa (21/4), mencatat sebagian koruptor kakap di badan militer yang telah dicokok tim pemerintah. Satu diantaranya yaitu Jenderal Xu Caihou.

Harta haram sang jenderal yang diambil alih mencakup segepok duit tunai, tumpukan kotak perhiasan, patung emas 24 karat. Itu baru sebagian harta korupsinya yang diambil alih oleh penyidik korupsi China. Dia terbukti menerima sogokan agar perwira cepat naik pangkat.

" Jumlahnya sangatlah masif, tidak pernah berlangsung pada awal mulanya selama histori China, " kata salah satu sumber di pemerintahan.

Xu tertangkap dengan tanda bukti kian lebih satu ton duit tunai di tempat tinggalnya. Jenderal angkatan darat ini dapat mempunyai simpanan tersembunyi seperti permata.

Karena sangat banyak harta yang ditimbun oleh Xu, perlu satu minggu untuk mengkalkulasi keseluruhan korupsi yang dia kerjakan. Pemerintah China mengerahkan 12 truk manfaat mengambil alih duit sogokan Xu.

Sayang, belum pernah diadili, sang jenderal korup wafat disebabkan penyakit kanker kandung kemih pada 15 Maret 2015.

Terkecuali Xu, Letnan Jenderal Gu Junshan juga buat geger lantaran menilap duit negara dari proyek pengadaan alutsista. Gu dicokok pihak berwenang serta mengambil alih 20 peti minuman keras bernilai mahal, juga beberapa barang berlapis emas, dan dokumen penggelapan perdagangan kapal perang.

Gu didakwa jaksa pada 2014 atas sangkaan penggelapan, penyuapan, penyalahgunaan dana negara serta penyalahgunaan kekuasaan. Sang jenderal terancam hukuman mati.

No comments:

Post a Comment